BEST PRACTICE NOOR AINI (PPG DALAM JABATAN 2022) UNIVERSITAS NEGERI PADANG

 

Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)

Terkait Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta didik Dalam Pembelajaran

 

Lokasi

SMP Muhammadiyah 1 Kalasan

Lingkup Pendidikan

Sekolah Menengah Pertama

Tujuan yang ingin dicapai

Meningkat keaktifan peserta didik dalam belajar

Penulis

Noor Aini, S.Pd.

Tanggal

PPL aksi ke-1 : 30 Agustus 2022

PPL aksi ke-2 : 14 September 2022

Situasi:

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

 

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah adalah :

-   Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran belum maksimal.

-   Rendahnya minat literasi (membaca dan menulis) pada peserta didik.

-   Desain pembelajaran guru yang kurang inovatif.

 

Praktik ini penting untuk dibagikan karena dapat menimbulkan dampak yang sangat besar dan luar biasa dalam proses pembelajaran yaitu:

-   Dengan menerapkan model dan metode pembelajaran yang bervariasi, peserta didik sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran mulai dari pendahuluan, inti, simpulan dan sampai dengan refleksi serta penutup.

-   Model dan metode pembembelajaran lebih bervariasi.

-   Media dan Alat/Bahan Pembelajaran lebih inovatif dan tidak monoton sehingga menarik perhatian peserta didik/tidak membosankan.

-   Proses bembelajaran lebih tersetruktur.

-   Pembelajaran berpusat pada peserta didik.

-   Saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik lebih fokus.

-   Pembelajaran lebih menarik.

-   Tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan yang direncanakan.

 

Yang menjadi peran tanggung jawab saya dalam

praktik ini yaitu:

-   Memperoleh bimbingan dalam proses penyusunan rencana pembelajaran PPL aksi 1 dan 2.

-   Saya berdiskusi dan mempresentasikan hasil penyusunan rencana pembelajaran PPL aksi 1 dan 2 bersama dosen, guru pamong, dan teman-teman mahasiswa PPG.

-   Melakukan revisi perbaikan rencana pembelajaran PPL aksi 1 dan 2 berdasarkan sharing dari hasil diskusi dan presentasi yang sudah dilakukan.

-   Mengunggah perangkat pembelajaran PPL aksi ke-1 dan ke-2 di LMS.

-   Melaksanakan PPL Aksi Ke-1 dan ke-2 berdasarkan perangkat pembelajaran ke-1 dan ke-2.

-   Mendokumentasikan dalam bentuk video proses pelaksanaan PPL Aksi ke-1 dan ke-2.

-   Mengunggah video tanpa editing (original) pada LMS.

-   Mengunggah video yang sudah di edit durasi 15 menit pada LMS.

-   Melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan.

Tantangan :

Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat,

 

Yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan yaitu:

-   Terbatasnya sarana dan prasarana di sekolah.

-   Pemilihan dan penggunaan Media pembelajaran yang belum tepat dan menarik bagi peserta didik.

-   Kesiapan perserta didik dalam proses pembelajaran.

-   Kemampuan peserta didik dalam memahami materi

yang disajikan.

-   Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran mandiri

atau kelompok saat proses pembelajaran.

 

Yang terlibat pada PPL Aksi Ke-1 yaitu :

-   Peserta didik kelas VIII sebagai sentral dalam proses pembelajaran Matematika tentang Relasi.

-   Guru sebagai fasilitator.

-   Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam

proses melaksanakan pembelajaran PPL Aksi Ke-1.

-   Rekan sejawat yang membantu terlaksananya kegiatan ini.

 

Yang terlibat pada PPL Aksi Ke-2 yaitu :

-   Peserta didik kelas IX sebagai sentral dalam proses pembelajaran Matematika tentang Transformasi-Refleksi (Pencerminan).

-   Guru sebagai fasilitator.

-   Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam

proses melaksanakan pembelajaran PPL Aksi Ke-2.

-   Rekan sejawat yang membantu terlaksananya kegiatan ini.

Aksi :

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini

 

Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut :

-   Mempersiapkan fasilitas yang dibutuhkan.

-   Pemilihan & Penggunaan Media

-   Strategi yang dilakukan adalah memilih media pembelajaran yang tepat dan menarik juga sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik, yaitu disini saya menggunakan Slide PPT.

-   Proses pembuatan media PPT: gambar dan tulisannya harus jelas,singkat dan mudah dimengerti, serta tampilan yang menarik untuk dibaca.

-   Sumber daya atau materi yang diperlukan adalah kemampuan guru dalam mengoprasikan alat-alat seperti laptop, LCD, jaringan internet dan pembuatan PPT serta penggunaannya.

-   Mendapatkan dukungan dari Kepala Sekolah.

-   Membutuhkan kerja sama antara peserta didik dan teman sejawat yang membantu pada saat pengambilan video.

 

Refleksi Hasil dan dampak

Bagaimana dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut

 

Dampak dari aksi dan Langkah-langkah yang dilakukan yaitu :

-   Penggunaan presentasi slide PPT sangat membantu pemahaman peserta didik terkait materi yang diajarkan.

-   Pemilihan Model & Metode sangat efektif, dilihat dari keaktifan peserta didik melakukan setiap kegiatan pembelajaran, peserta didik mampu memberikan tanggapan dan jawaban di setiap diskusi kelompok.

-   Semua dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah direncanakan.

-   Tercapainya kegiatan sesuai dengan harapan.

 

Apakah hasilnya efektif Atau tidak efektif? Mengapa?

-   Hasilnya sangat efektif, karena peserta didik sangat antusias saat proses pembelajaran berlangsung, mulai dari pendahuluan hingga proses pembelajaran selesai.

 

Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan:

-   Respon kepala sekolah sangat positif dan mendukung penuh atas kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.

-   Rekan sejawat sangat positif dan antusias, sehingga mereka juga ingin melaksanakan model pembelajaran yang telah saya laksanakan. Karena berdampak besar terhadap keaktifan belajar peserta didik.

 

Yang menjadi faktor keberhasilan yaitu :

-   Dukungan kepala sekolah dan rekan sejawat yang turut membantu mempersiapkan alat dalam proses perekaman kegiatan pembelajaran.

-   Situasi dan kondisi sangat mendukung terlaksananya kegiatan PPL Aksi Ke-1 dan Ke-2.

-   Dapat mengantisipasi atau mengatasi tantangan yang dihadapi sebelum hari pelaksanaan PPL Aksi ke-1dan 2.

-   Berusaha melaksanakan semaksimal mungkin apa yang telah direncanakan.

 

Ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan?

-   Pengambilan video pada saat pelaksanaan proses pembelajaran PPL Aksi Ke-1 belum optimal karena keterbatasan alat bantu tripod kamera sehingga hasil rekaman video belum maksimal. Selain itu, hasil rekaman Zoom juga tidak ada suaranya.

 

Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut :

-   Untuk melaksanakan proses pembelajaran sehari-hari lebih tertib dan terstruktur.

-   Peserta didik lebih tertarik dan fokus.

-   Pembelajaran lebih bervariasi.

-   Pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.

-   Media dan alat/bahan pembelajaran lebih inovatif.

 

 

No comments: