Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan
Metode Star (Situasi, Tantangan, Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait
Pengalaman Mengatasi Permasalahan Peserta didik Dalam Pembelajaran
Lokasi
|
SMP Muhammadiyah 1 Kalasan |
Lingkup
Pendidikan |
Sekolah Menengah Pertama |
Tujuan
yang ingin dicapai |
Meningkat keaktifan peserta didik dalam belajar |
Penulis
|
Noor Aini, S.Pd. |
Tanggal
|
PPL aksi ke-1 : 30 Agustus 2022 PPL aksi ke-2 : 14 September 2022 |
Situasi: Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk
dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah adalah : - Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran belum
maksimal. - Rendahnya minat literasi (membaca dan menulis) pada
peserta didik. - Desain pembelajaran guru yang kurang inovatif. Praktik ini penting untuk dibagikan karena dapat
menimbulkan dampak yang sangat besar dan luar biasa dalam proses pembelajaran
yaitu: - Dengan menerapkan model dan metode pembelajaran yang
bervariasi, peserta didik sangat antusias dalam mengikuti proses pembelajaran
mulai dari pendahuluan, inti, simpulan dan sampai dengan refleksi serta
penutup. - Model dan metode pembembelajaran lebih bervariasi. - Media dan Alat/Bahan Pembelajaran lebih inovatif dan
tidak monoton sehingga menarik perhatian peserta didik/tidak membosankan. - Proses bembelajaran lebih tersetruktur. - Pembelajaran berpusat pada peserta didik. - Saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik lebih
fokus. - Pembelajaran lebih menarik. - Tercapainya tujuan pembelajaran sesuai dengan yang
direncanakan. Yang menjadi peran tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu: - Memperoleh bimbingan dalam proses penyusunan rencana
pembelajaran PPL aksi 1 dan 2. - Saya berdiskusi dan mempresentasikan hasil
penyusunan rencana pembelajaran PPL aksi 1 dan 2 bersama dosen, guru pamong, dan
teman-teman mahasiswa PPG. - Melakukan revisi perbaikan rencana pembelajaran PPL aksi
1 dan 2 berdasarkan sharing dari hasil diskusi dan presentasi yang sudah
dilakukan. - Mengunggah perangkat pembelajaran PPL aksi ke-1 dan
ke-2 di LMS. - Melaksanakan PPL Aksi Ke-1 dan ke-2 berdasarkan
perangkat pembelajaran ke-1 dan ke-2. - Mendokumentasikan dalam bentuk video proses
pelaksanaan PPL Aksi ke-1 dan ke-2. - Mengunggah video tanpa editing (original) pada LMS. - Mengunggah video yang sudah di edit durasi 15 menit
pada LMS. - Melakukan refleksi kegiatan yang sudah dilaksanakan. |
Tantangan : Apa
saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat, |
Yang
menjadi tantangan untuk mencapai tujuan yaitu: - Terbatasnya sarana dan prasarana di sekolah. - Pemilihan dan penggunaan Media pembelajaran yang
belum tepat dan menarik bagi peserta didik. - Kesiapan perserta didik dalam proses pembelajaran. - Kemampuan peserta didik dalam memahami materi yang disajikan. - Keaktifan peserta didik dalam pembelajaran mandiri atau kelompok saat proses
pembelajaran. Yang
terlibat pada PPL Aksi Ke-1 yaitu : - Peserta didik kelas VIII sebagai sentral dalam proses
pembelajaran Matematika tentang Relasi. - Guru sebagai fasilitator. - Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam proses melaksanakan
pembelajaran PPL Aksi Ke-1. -
Rekan sejawat
yang membantu terlaksananya kegiatan ini. Yang
terlibat pada PPL Aksi Ke-2 yaitu : - Peserta didik kelas IX sebagai sentral dalam proses
pembelajaran Matematika tentang Transformasi-Refleksi (Pencerminan). - Guru sebagai fasilitator. - Dosen dan guru pamong sebagai pembimbing dalam proses melaksanakan
pembelajaran PPL Aksi Ke-2. - Rekan sejawat yang membantu terlaksananya kegiatan
ini. |
Aksi : Langkah-langkah
apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang
digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber
daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
Langkah-langkah
apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut : -
Mempersiapkan
fasilitas yang dibutuhkan. -
Pemilihan
& Penggunaan Media -
Strategi
yang
dilakukan adalah memilih media pembelajaran yang tepat dan menarik juga sesuai
dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik,
yaitu
disini saya menggunakan Slide PPT. -
Proses
pembuatan
media PPT: gambar dan tulisannya harus jelas,singkat dan mudah dimengerti, serta
tampilan yang menarik untuk dibaca. -
Sumber
daya
atau materi yang diperlukan adalah kemampuan guru dalam mengoprasikan alat-alat
seperti laptop, LCD, jaringan internet dan
pembuatan PPT serta penggunaannya. - Mendapatkan dukungan dari Kepala Sekolah. -
Membutuhkan
kerja sama antara peserta didik dan teman sejawat yang membantu pada saat
pengambilan video. |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana
dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya
efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait
dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau
ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari
keseluruhan proses tersebut |
Dampak
dari aksi dan Langkah-langkah yang dilakukan yaitu : - Penggunaan presentasi slide PPT sangat membantu pemahaman
peserta didik terkait materi yang diajarkan. - Pemilihan Model & Metode sangat efektif, dilihat
dari keaktifan peserta didik melakukan setiap kegiatan pembelajaran, peserta
didik mampu memberikan tanggapan dan jawaban di setiap diskusi kelompok. - Semua dapat dilaksanakan sesuai dengan apa yang telah
direncanakan. -
Tercapainya
kegiatan sesuai dengan harapan. Apakah
hasilnya efektif Atau tidak efektif? Mengapa? -
Hasilnya
sangat efektif, karena peserta didik sangat antusias saat proses pembelajaran
berlangsung, mulai dari pendahuluan hingga
proses pembelajaran selesai. Bagaimana
respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan: - Respon kepala sekolah sangat positif dan mendukung penuh
atas kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan. - Rekan sejawat sangat positif dan antusias, sehingga
mereka juga ingin melaksanakan model pembelajaran yang telah saya laksanakan.
Karena berdampak besar terhadap keaktifan
belajar peserta didik. Yang menjadi faktor keberhasilan yaitu : - Dukungan kepala sekolah dan rekan sejawat yang turut
membantu mempersiapkan alat dalam proses perekaman kegiatan pembelajaran. - Situasi dan kondisi sangat mendukung terlaksananya
kegiatan PPL Aksi Ke-1 dan Ke-2. - Dapat mengantisipasi atau mengatasi tantangan yang
dihadapi sebelum hari pelaksanaan PPL Aksi ke-1dan 2. - Berusaha melaksanakan semaksimal mungkin apa yang
telah direncanakan. Ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? - Pengambilan video pada saat pelaksanaan proses
pembelajaran PPL Aksi Ke-1 belum optimal karena keterbatasan alat bantu
tripod kamera sehingga hasil rekaman video belum maksimal. Selain itu, hasil
rekaman Zoom juga tidak ada suaranya. Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut : - Untuk melaksanakan proses pembelajaran sehari-hari
lebih tertib dan terstruktur. - Peserta didik lebih tertarik dan fokus. - Pembelajaran lebih bervariasi. - Pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan. - Media dan alat/bahan pembelajaran lebih inovatif. |
No comments:
Post a Comment